Jika ada sebuah pertanyaan, siapa yang paling tepat membuat Sop? maka jawaban singkatnya yang paling tepat membuat Sop itu adalah User,User atau pengguna merupakan orang yang terlibat langsung dalam mengerjakan suatu pekerjaan.misalnya jika anda ingin membuat sop departemen marketing maka yang paling tepat membuat dokumen ini adalah karyawan marketing,membuat sop departemen keuangan berarti melibatkan karyawan bagian keuangan bisa staf keuangan/bendahara/kasir/menager keuangan, membuat sop departemen HRD/SDM melibatkan staf Hrd/staf General Affair/Manajer Hrd dan lain sebagainya
Kanapa harus User atau departemen terkait?alasannya sangat simple,karena yang paling tahu jenis pekerjaan,yang paling tahu tahap apa saja yang harus dilakukan dan yang paling tahu kendala apa saja yang dihadapi adalah user bersangkutan.hal ini akan memudahkan saat proses pembuatan sop, sehingga sop yang dihasilkan benar-benar menggambarkan kondisi ril operational di lapangan.
Ada perbedaan antara sop yang akan dilakukan dengan sop yang sedang/sudah dilakukan, sop jenis pertama mengandung artian bahwa sop tersebut berisi operational atau pekerjaan baru dan pekerjaaan ini belum pernah dilakukan dan akan diterapkan di bisnis-biasanya sop jenis ini untuk bisnis yang baru dibangun atau bisnis yang sudah punya sistem namun sopnya sedang di upgrade.
Sedangkan sop jenis kedua mengandung artian bahwa sop tersebut berisi operational yang sudah dilakukan dan sudah teruji hasilnya,kemudian dibakukan agar menjadi standard dalam bekerja.
Jadi kesimpulannya, jika anda ingin agar sop bisnis yang anda miliki “bekerja” untuk bisnis anda, maka libatkan user terkait saat Proses Penyusunan Sop.
bagaimana jika User/karyawan anda belum bisa membuat sop?langkah yang paling tepat adalah anda bisa melibatkan konsultan sop untuk mendampingi dan membimbing anda serta karyawan anda selama proses penyusunan sop berlangsung.