Siapa Yang Paling Tepat Membuat Sop?

Siapa yang Paling Tepat Membuat Sop?Jika ada sebuah pertanyaan, siapa yang paling tepat membuat Sop? maka jawaban singkatnya yang paling tepat membuat Sop itu adalah User,User atau pengguna merupakan orang yang terlibat langsung dalam mengerjakan suatu pekerjaan.misalnya jika anda ingin membuat sop departemen marketing maka yang paling tepat membuat dokumen ini adalah karyawan marketing,membuat sop departemen keuangan berarti melibatkan karyawan bagian keuangan bisa staf keuangan/bendahara/kasir/menager keuangan, membuat sop departemen HRD/SDM melibatkan staf Hrd/staf General Affair/Manajer Hrd dan lain sebagainya

Kanapa harus User atau departemen terkait?alasannya sangat simple,karena yang paling tahu jenis pekerjaan,yang paling tahu tahap apa saja yang harus dilakukan dan yang paling tahu kendala apa saja yang dihadapi adalah user bersangkutan.hal ini akan memudahkan saat proses pembuatan sop, sehingga sop yang dihasilkan benar-benar menggambarkan kondisi ril operational di lapangan.

Ada perbedaan antara sop yang akan dilakukan dengan sop yang sedang/sudah dilakukan, sop jenis pertama mengandung artian bahwa sop tersebut berisi operational atau pekerjaan baru dan pekerjaaan ini belum pernah dilakukan dan akan diterapkan di bisnis-biasanya sop jenis ini untuk bisnis yang baru dibangun atau bisnis yang sudah punya sistem namun sopnya sedang di upgrade.

Sedangkan sop jenis kedua mengandung artian bahwa sop tersebut berisi operational yang sudah dilakukan dan sudah teruji hasilnya,kemudian dibakukan agar menjadi standard dalam bekerja.

Jadi kesimpulannya, jika anda ingin agar sop bisnis yang anda miliki “bekerja” untuk bisnis anda, maka libatkan user terkait saat Proses Penyusunan Sop.

bagaimana jika User/karyawan anda belum bisa membuat sop?langkah yang paling tepat adalah anda bisa melibatkan konsultan sop untuk mendampingi dan membimbing anda serta karyawan anda selama proses penyusunan sop berlangsung.

Tentang kumpulansop

Kami lembaga jasa pembuatan SOP Usaha dan Bisnis Menawarkan CD KUMPULAN CONTOH-CONTOH Standart Oprational Prosedure (SOP) Perusahaan dan CD kumpulan CONTOH TEMPLATE SOP Didalamnya berisi kumpulan contoh-contoh SOP profesional, TEMPLATE SOP dan Prosedur pembuatan SOP yang BENAR & TEPAT. Format filenya sebagian besar dalam bentuk MICROSOFT WORD, sehingga langsgung bisa di edit sesuai kebutuhan. Harga hanya: Rp. 55.000/CD CARA PEMESANAN: 1. anda cukup menghubungi kami ke ( 0853 3567 6023 (as)/ 0341) 7057124) 2..anda tranfers Rp. 55.000 kerekening 703 708 5639 bank MANDIRI SYARIAH (BSM) KC. MALANG a.n kamarudin 3.konfirmasi ke kami bahwa anda sudah transfer dan sertakan email anda 4.kami emailkan file SOP nya. call me Please 24 Hours nonstop: 0853 3567 6023 (AS), 085649 866 123 (im3), 08775 998 2974 (XL), 0341 7057124 (Flexi) 4 Nomor Untuk Memudahkan Anda Menghubungi Kami HORMAT KAMI kamarudin Multimedia Indonesia http://bikinsop.blogspot.com/ bikinsop@gmail.com jl.sumbersekar no 23 dau, kab.Malang- Jatim
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar